SANG PENGGUGAT

35 Komentar

bintang-syetanKata sandi yang termuat dalam kehidupan memberikan andil dalam perjalanan umat manusia. Peletakan dasar kemanusiaan telah menganggu kehidupan Iblis. Keputusan yang diambil oleh Tuhan telah menampar mukanya. Manusia yang tidak tahu menahu tentang perdebatan sengit antara Tuhan dan Iblis menjadi kambing hitam kurap. Pembelaan tidak ditemukan dalam tingkat ini. Apakah Manusia sebagai biang kerok dari perdebatan tersebut? Segala amal dan perbutan Iblis selama kurang lebih 700 Ribu tahun terhempas bagaikan debu.

Kebijakan ini telah menimbulkan malapetaka bagi dua golongan yang berseteru. Iblis naik banding dengan mengaku tidak bersalah!
Kenyataan yang ada sebenarnya mendekati itu, namun disatu sisi Tuhan tidak mau didikte. Pernyataan demi pernyataan yang dikemukakan oleh Iblis hanya membuat dia semakin terperosok dalam lembah yang dalam. Apakah Iblis bersalah dalam hal ini?
Berdebat dengan Tuhan dan membantah adalah kasus.

Perintah yang diberikan kepada Iblis sebenarnya menyangkut sebuah harga diri. Tidak lebih dari itu. Harga diri bagi Iblis berarti taruhan mati. Sujudnya para malaikat kepada manusia tidak membuat Iblis terpesona. Melihat kenyataan ini harga diri Iblis mangkin tinggi. Manusia yang tidak tahu menahu masalah harga diri hanya pasrah.

Keberadaan manusia sebagai ‘mahkluk terakhir’ ditempatkan sebagai biang kerok dari Sang Penggugat. Di satu sisi Tuhan tidak mau didikte, hakNya adalah mendikte. 700 ribu tahun beribadah tidak berbekas hanya dikarenakan sebuah harga diri. Pembangkangan dari Iblis simbol kedurhakaan bagi Tuhan. Siapa yang harus disalahkan?

Manusia mempunyai dalih yang komprehensif, tata krama dan analogi yang menyesatkan dikembalikan kepada Iblis, lalu yang menyesatkan Iblis siapa? Setiap perbuatan buruk manusia ditujukan kepadanya, lalu perbuatan buruk Iblis dicampakkan kemana?

Secara tidak langsung Iblis menjadi tumbal bagi keberadaan manusia, apakah demikian ‘rencana Tuhan’? Teka-teki ini sebenarnya belum terjawab. Al Quran hanya menjelaskan sebagian besar dari sejarah ini. Lepas dari itu Iblis adalah terdakwa. Apakah benar keberadaan manusia menjadikan Iblis sebagai tumbal? Mengingat kedua golongan mankhluk ini sama-sama hamba Tuhan. Apakah kehadiran manusia harus menghempaskan Iblis ke neraka? Kalau demikian mengapa Tuhan tega membenam Iblis ke jurang tersebut?

Melihat dari polemik ini berarti ada sesuatu yang disembunyikan Tuhan dan itu hanya diketahui oleh DiriNya sendiri. Sebelum Iblis menggugat Tuhan, Tuhan sudah mempunyai jawaban. Dan masa itu sebentar lagi akan datang.

Gambar: http://images.saturindu.multiply.com

Penulis: Filar Biru

Gigitlah dengan gigi geraham dengan Kuat

35 thoughts on “SANG PENGGUGAT

  1. Allah Yang Maha Mengetahui, tentu saja sudah pasti mengetahui perjalanan pembangkangan Iblis (bangsa JIN) namun disisi lain Allah juga memberikan kebebasan memilih kepada mahluqNya termasuk mengikuti alur yang telah digariskan olehNya.
    Garis alur tersebut sayangnya dilanggar oleh Iblis, dan sangat disayangkan pada saat Allah bersedia memberikan perintahNya secara direct kepada MahluqNya.
    Khalifah pertama di bumi inipun tidak lepas dari larangranNya walaupun akibat bujuk rayu Iblis, efek domino tersebut adalah seluruh manusia tampa kecuali harus mengexplore segala perintah dan laranganNya pada kitab-kitabNya yang telah diturunkan ke bumi sebagai petunjuk satu-satunya bagi kehidupan di dunia dan akherat yang abadi.

    Keep bloging, sahabat.

    Wassalam, Haniifa.

  2. Wasalam wr wb. haniifah saudaraku

    sebenarnya saya ingin mengemukakan sesuatu yang menjadi ganjalan dalam hatiku. sesungguhnya ada misteri dalam perdebatan itu kayaknya yang lebih tepat Iblis adalah terdakwa.

    Salam

  3. hehehe.. kalau misal iblis menguasai satu jurusan.. eee.. manusia berpuluh puluh jurusan.. wah serakah banget yaaa.. manusia entu.. hmm.. sejujurnya mau itu malaikat, nabi, maupun iblis.. mereka tidak bisa memaksakan kehendaknya.. semua kekuasaan kembali ada pada sang diri yang menjalani.. satu bisa mengingatkan.. satu menggoda.. salah siapa yang senang di goda.. bahkan sengaja pengen tergoda..
    Salam Sayang

  4. apakah rencana semula iblis adalah makhluk penggoda mas?

    ditunggu jawabannya!

  5. hehehe.. iblis terbuat dari api = nar.. dan malaikat adalah cahaya = nur.. semua adalah gambaran hawa nafsu kita sendiri.. hehehe..
    Salam Sayang
    Salam Kangen

  6. ::bukankah pertanyaan ini sudah sangat dekat dengan jawabannya..”Apakah kehadiran manusia harus menghempaskan Iblis ke neraka? Kalau demikian mengapa Tuhan tega membenam Iblis ke jurang tersebut?

    Kalau detective conan akan menelusurinya dari awal, untuk menemukan kebenarannya…, apa ndak mencoba menelusurinya dulu ketimbang bertanya ke orang-orang lain yang sama saja dengan kita, yang kefahamannya juga hadir saat difahamkanNYA…merenungi itu anjuranNYA..

  7. @Zal

    antara pertanyaan dan jawaban ada dinding tipis yang memisahkan analogi tersebut. Allah tidak perlu dinding tebal untuk menyembunyikan sesuatu. Dan Allah juga tidak perlu membuat benteng yang kokoh untuk menyembunyikan rasulNya. Inilah paradigma saya, Allah ingin memamerkan sesuatu kepada manusia dan itu memang harus Dia lakukan kalau tidak manusia akan bodoh selamanya.

    • *kliyengan*.. *bingung*.. mo nanya dikit mas.. apakah api itu akan terbakar dalam API.. *malu*.. OOT yaaa.. ma..*ng*aaaap..:mrgreen:
      Salam Sayang
      Salam Hormat

      *pletaaaaaaak… wah ditimpuk sandal*

  8. @kangboed

    salam kembali cayang

    benar juga lho namun adakah yang lebih spesifik dari itu kang?

  9. Ach ini si tukang ronda???….wach selamtat 2x udach membuka blog lagi

  10. SORI SALAH KETIK,,,

    ……….wach selamtat 2x,,,,,,,,
    MAKSUDNYA
    SELAMAT…

  11. Hidup hanyalah sebuah permainan dan senda gurau belakaaaaa.. santaaaaaaaai brooooo.. nyok kita santaaaaaai.. teerlaaluu..
    Salam Sayang

  12. Saya ada sudut pandang lain mengenai iblis ini. Diilustrasikan dengan dialog imajiner berikut:

    A: Mas, siapakah makhluk ciptaan Allah yang paling bertaqwa?
    B: Mmmmm…. barangkali Nabi, Rasul atau para ulama terdahulu?
    A: Salah mas. Iblis adalah makhluk yang paling bertaqwa karena dia sudah ribuan tahun menyembah dan taat kepada Allah. Nabi dan Rasul hanya mengabdi beberapa puluh tahun saja. Pertanyaannya kemudian, kenapa setelah dia bertaqwa begitu hebat, akhirnya dia terhempas menjadi makhluk yang paling dibenci dan dimusuhi Allah?
    B: Karena dia sombong, tidak mau mentaati perintah Allah untuk menyembah Adam.
    A: Salah lagi mas. Iblis pada awalnya berpegang dengan firman Allah “Jangan menyembah siapapun selain kepadaKu”. Itu yang dia pegang ribuan tahun. Pada saat kebijakan Allah berubah, yang mengharuskan dia menyembah Adam, dia menolak karena bertentangan dengan dogma yang dia pegang sejak awal. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena iblis tidak memiliki akal. Seandainya dia memiliki akal, dia akan berfikir, “Oooo.. ternyata kebijakan Allah sudah berubah…. baiklah saya akan ikuti perubahan kebijakan tersebut..” maka dia akan ikutan menyembah Adam, dan dia akan masuk dalam golongan yang terselamatkan.
    Oleh karena itu, perlu mas pikirkan bahwa taqwa saja tidak akan mengantarkan mas menuju ridho Allah, tetapi taqwa yang disertai dengan akal-lah yang akan membawa mas menuju ridho Allah.
    B: Mmmm… mungkin juga ya… tapi apa iya iblis tidak mempunyai akal?
    A: Silahkan cari referensi mana yang mengatakan bahwa iblis mempunyai akal. Yang ada adalah manusia ngakalin iblis, bukan iblis ngakalin manusia.
    B: Hehehe… ntar dulu mas, saya cari dulu buktinya di Google…

    Salam Sejati.

  13. wah, diskusi yang menarik… salam kenal🙂
    api dengan api…tetap sakit dunk, pipi kena tampar tangan sakit juga tuh padahal sama aja bahan dasarnya, hehehe…
    “Silahkan cari referensi mana yang mengatakan bahwa iblis mempunyai akal. Yang ada adalah manusia ngakalin iblis, bukan iblis ngakalin manusia” —>>> jadi penasaran niy😀

  14. sayang sekali, diskusi ini kurang diminati..padahal topiknya bagus punya, yang punya blog kemana ya?

  15. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh mas filarbiru,
    mas kata: Apakah kehadiran manusia harus menghempaskan Iblis ke neraka? Kalau demikian mengapa Tuhan tega membenam Iblis ke jurang tersebut?

    Saya jawab :firman Allah dalam surat as-sajdah(sujud)pada ayat13,
    Sekiranya kami kehendaki,sungguh petunjuk itu akan kami berikan kepada setiap diri,akan tetapi ketetapan dariKU telah tetap. Sungguh Aku akan penuhi neraka jahanam itu oleh jin dan manusia secara bersama.

    Saya rasa sudah terjawab pada ayat ini bahwa manusia dan jin adalah dua makhluk Allah yg diwajibkan tunduk dan sujud padaNYA.

    Iblis adalah kaum jin yg membangkang, begitu pula perihalnya dengan manusia, ada juga kaum manusia yg membangkang.Keduanya dimintakan pertanggungan jawab.

    Jadi jawaban saya hanya iblis yg telah terkutuk dari golongan jin.Padahal dari golongan jin ada juga yg soleh sebagaimana manusia yg soleh.Kedua makhluk Allah ini telah diberikan akal dan hati, tetapi tidak seluruhnya mendapat petunjuk.

    Anda sudah sedekah mas filarbiru?
    Sedekahlah walaupun sedikit.
    Salam sejahtera,

    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    Sayyid.

  16. @Sayyid

    bagaimana kalau seandainya iblis tidak di ciptakan?

    Apakah manusia akan dijadikan oleh Allah sebagai peran pengganti?

    dalam hal ini saya tidak bermaksud mendikte agama kita hanya saja sebagai makhluk yang diberi akal oleh Allah kita ingin menerjemahkan apa2 yang telah di firmankan oleh Allah dalam AQ. intinya kita diberi keleluasan untuk mencari dan mencari.

    salam

    • Wah, lama enggak muncul sekarang baru muncul. Salam.

      • Ah Tuan Putri maafkan lah hambe’ Tuan Putri, bukan ape’ape’ agaknye’ hambe’ harus cari duit untuk nafkah keluarga hambe’.

        salam rindu selalu

    • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh mas filar biru,
      kata mas :bagaimana kalau seandainya iblis tidak di ciptakan?
      jawab saya : kenyataannya iblis sudah diciptakan duluan.

      kata mas lagi :Apakah manusia akan dijadikan oleh Allah sebagai peran pengganti?

      jawab saya :saya rasa tidak, karena masih banyak juga kaum jin yg sayang sama manusia(karena mempunyai hati dan pikiran), yaitu selain jin kaum iblis.
      tidak usahkan iblis, manusia saja satu sama yg lainpun sering cemburuan.
      Saya katakan begini, karena pengalaman saya oleh hidayah Allah sering memasukkan jin ke agama islam.Kami sering sama-sama sholat di mesjid atau di mana saja.
      Kadang-kadang mereka menangis jika saya membacakan firman-firman Allah dan sayapun kadangkala turut juga bersedih maklumlah mas filar biru, kita sama-sama mempunyai hati dan perlu bimbingan.

      Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
      Sayyid.

  17. @sayyid

    Ass Wr Wb

    Mas Sayyid, memang benar kenyataannya Allah mencitakan duluan para jin. Yg menjadi tanda tanya besar adalah apakah gol manusia tertawa melihat kenyataan ini?

    Salam

    • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh mas filarbiru,
      mas kata: Yg menjadi tanda tanya besar adalah apakah gol manusia tertawa melihat kenyataan ini?

      Saya jawab: tentu tidak.
      Karena Allah telah memberi peringatan pada kedua makhluk ini.
      seperti firman Allah pada surat adz-dzaariyaat ayat 56.
      “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembahKU”.

      masuk surga atau neraka tergantung pilihan dari kedua golongan makhluk ciptaan Allah ini, karena keduanya diberi hati dan pikiran.
      Jika kita berpendapat bahwa manusia adalah ciptaan Allah yg paling sempurna sehingga kita mentertawakan kaum jin, berarti kita salah tanggapan karena ada firman Allah yg berbunyi begini : surat Al-A’laa ayat 2 “yang menciptakan dan menyempurnakan (penciptaanNYA)”
      dengan ayat ini jelaslah bahwa Allah menciptakan dan menyempurnakan ciptaanNYA atas kehendakNYA sendiri.Manusia ada yg sempurna dan ada yg tidak.

      Wass.wr.wb,
      Sayyid.

  18. @Filar biru : sebenarnya yang diragukan sapa neh, yang menciptakan ato yang diciptakan?😀

  19. Api dengan api, kulit dengan kulit, itu dari kisah seorang yg mengatakan 3 pertanyaan lalu dibalas dengan sebuah tamparan yang mengandung 3 jawaban dari 3 pertanyaan tsb, terus 2 lainnya apa ya? satunya tentang takdir, dan satunya.. duh lupa..

    Apakah alurnya begini, Iblis rajin beribadah lalu diuji keikhlasannya apakah hanya karna ingin terpandang mulia di mata makhluk atau memang karna semata taat pada Allah. Ia pun gagal dan akhirnya ingin membuktikan bahwa manusia tak lebih baik dari dirinya.

    Jadi kegagalannya mungkin merupakan bukti bahwa ibadahya dulu tidak ikhlash, wallahu a’lam. Dan tentunya itu jadi pelajaran buat kita. Ingat kan, 3 orang yg pertama diseret ke neraka bukanlah penjahat atau koruptor, tetapi mereka yg ibadahnya riya, walaupun mereka terkenal di mata manusia sebagai ulama, mujahid dan dermawan. Jadi ingin merenung, semoga blog kita bukan karena riya, bukan karena ingin disebut hebat oleh makhluk..

  20. @ sayyid

    Wass Wr wb.

    Saya tdk melihat korelasinya kesanah mas sayyid.

    Saya tdk meragukan kitab suci kita, bahkan saya perna diskusi dgn teman sampai jam 3 subuh mengenai masalah ini. Namun jawaban belum memuaskan.

    Namun ada satu jawaban dari teman itu yg membuat saya terperengah. Dia katakan ‘seandainya iblis diberi kesempatan kedua oleh Allah utk bertobat dan memberi salam hormatnya kpd Adam, maka iblis tdk akan perna mau tunduk dgn perintah itu’. Jawaban itulah yg membuat saya menjadi mengerti.

    Salam

  21. @dan

    Astagfirullah

    Smoga apa yg anda katakan menjadi intropeksi bagi yg lain

    Salam

  22. amal tu tergantung niat…dan niat itu cuma manusianya dan Allah yang tau ….

    Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (QS-13:22)

    Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan salat, menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi atau pun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.(QS-14:31)

    Pada suatu hari Rasulullah Saw bersabda kepada para sahabatnya: “Kamu kini jelas atas petunjuk dari Robbmu, menyuruh kepada yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar dan berjihad di jalan Allah. Kemudian muncul di kalangan kamu dua hal yang memabukkan, yaitu kemewahan hidup (lupa diri) dan kebodohan. Kamu beralih kesitu dan berjangkit di kalangan kamu cinta dunia. Kalau terjadi yang demikian kamu tidak akan lagi beramar ma’ruf, nahi mungkar dan berjihad di jalan Allah. Di kala itu yang menegakkan Al Qur’an dan sunnah, baik dengan sembunyi maupun terang-terangan tergolong orang-orang terdahulu dan yang pertama-tama masuk Islam. (HR. Al Hakim dan Tirmidzi)

    Rabbi Zidni ‘Ilma….

  23. @opik

    Makasi atas kunjungannya. Anda benar segala sesuatu tgtg niatnya.

    Salam

  24. Bila cairan yang keluar putih seperti susu encer berbintik bintik banyak plak warna putih yang melekat di vulva vagina & serviks. Dijumpai gumpalan seperti keju pada dinding vagina. Berbau apek disertai dengan nyeri saat buang air kecil serta gatal di sekitar kemaluan maka kemungkinan wanita tersebut menderita infeksi yang disebabkan oleh jamur. Candida albicans adalah jamur yang paling sering hinggap di kemaluan seorang wanita. penderita Kandidiasis vulvovagina tidak menunjukkan gejala apapun (asimptomatis).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s